MENULIS BUKU AJAR

Oleh: Muslimah
Resume ke :  22
Gelombang : 29
Hari/Tanggal : Senin, 14 Agustus 2023
Tema : Menulis Buku Ajar
Narasumber : Dr. Mudafiatun Isryah, M.Pd
Moderator : Sigit PN, SH.
Hal apa yang menjadi bagian dari guru yang tidak bisa terpisahkan? 
“Yaa... *Buku Ajar* Siapa yang paling mengetahui karakter siswa kita? Kelebihan dan kekurangannya? Tentu saja kita sendiri, gurunya. Lantas mengapa buku ajar yang kita miliki notabene dibuat oleh pihak lain bukan kita gurunya sendiri. Saatnya kita bergerak, melangkah lebih berani untuk membuat Buku Ajar untuk anak didik yang kita sayangi. Bersama Narasumber luar biasa, peraih nominasi buku Perpusnas terbaik nasional. So jangan sampai terlewatkan!!!!” kata pengantar pada flyer malam ini

Moderator menyapa para peserta dengan ucapan “Assalamu'alaikum Wr. Wb. Apa kabar bapak/ibu guru hebat peserta KBMN Gelombang 29? Semoga semua dalam keadaan sehat wal'afiat dan selalu semangat untuk terus menjadi pembelajar sepanjang hayat. Saya Sigid Purwo Nugroho malam ini kembali bertugas menjadi moderator di KBMN PGRI Gelombang 29 pertemuan ke-22. Silahkan siapkan perangkatnya, jangan lupa sediakan juga minuman dan cemilan yang ada untuk menemani kegiatan malam ini.”

Malam ini moderator mendampingi seseorang yang sangat luar biasa. Kiprahnya sebagai pegiat literasi sudah tidak diragukan lagi. Beliau adalah Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd. Mari kita simak bersama CV beliau. Malam ini Narasumber kita akan berbagi ilmu tentang *"Menulis Buku Ajar"*.

Tidak perlu menunggu berlama-lama lagi, mari kita sambut dan beri applause yang meriah untuk Ibu Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd.Kepada Narasumber, waktu dan ruang chat, dipersilakan.

Narasumber memulai kegiatan dengan ucapan “Assalamualaikum wr wb, salam Hormat OmJay, Bunda Kanjeng Prof Eko dan semua Bapak ibu yg ada di grup ini”
 "Salam hangat kepada Bapak Ibu semua ! Mari kita jadikan waktu kita bersama malam ini sebagai peluang untuk belajar dan saling menginspirasi."

Bapak Ibu Guru saat ini berhadapan dengan siswa yg milenial, kita kalah dalam hal pemanfaatan teknologi dibanding siswa kita, shg bgmn kita hrs bisa mengimbangi kebutuhan siswa agar mereka mau menerima materi kita dan mereka tidak jenuh sehingga info dari kita tersampaikan dengan baik. 

Buku saya rata-rata adalh buku ajar karena saya mengajar di perguruan tinggi maka saya membuat buku untuk mahasiswa. Latar belakang pendidikan saya pendidikan BK, jd buku saya kebanyakan mengangkat tema mata kuliah BK. Nah sekarang kembali pada kepakarannya masing2, apa bidang keahliannya, sekarang kita menusuk kepada materi bahan ajar, materi lengkap saya ada di PPT. saya silakan bapak ibu baca2 saat santai, malam saya progres tanya jawab seputar buku ajar yg ringan.

Nah, selanjutnya agar tidak monoton ya, bagaimana kalo kita mengadakan kuis dulu yang cepat menjawabnya akan mendapatkan buku dari saya, pertanyaannya adalah: apa judul buku yg menjadi pemenang terbaik 1 perpusnas dg tema pendidikan jarak jauh th 2021? silakan diketik ye......sy beri waktu sejenak.....nanti bpk moderator yang akan mencatanya siapa yg tercepat menulis judul buku saya......silakannn
 Wah, asyiik nih, seru. Ditunggu jawabannya ya bapak/ibu.

Materi pertama selain yg ada dlm materi PPT yg terpenting adalah: 

1. Tentukan Tujuan dan Sasaran:
Pahami tujuan dan sasaran dari buku ajar yang ingin di buat. Apakah buku ini akan digunakan untuk mengajar mata pelajaran tertentu, mengajarkan keterampilan khusus, atau mendukung metode pembelajaran tertentu?
 selamat kepada yg tercepat nanti akan dikirim buku dari saya

 2. Riset dan Konten:
Kumpulkan materi pelajaran yang akan dimasukkan ke dalam buku ajar. Ini dapat berupa teks, ilustrasi, grafik, contoh, latihan, dan lain sebagainya. Pastikan konten yang disertakan akurat, relevan, dan sesuai dengan kurikulum atau standar yang berlaku.

3. Struktur dan Penyusunan:
Rencanakan struktur buku ajar. Bagi konten menjadi bab atau bagian yang terorganisir dengan baik. Pertimbangkan konsep yang disajikan. Menurut Prof Eko tulisan mengandung prose 5W 1 H
 4. Desain dan Tata Letak:
Pertimbangkan desain visual buku ajar. Biasanya ini diserahkan pd penerbit ya

5. Gaya Penulisan:
Pilih gaya penulisan yang sesuai dengan target audiens. Gunakan bahasa yang jelas, lugas, dan mudah dipahami. Hindari penggunaan istilah yang terlalu teknis jika buku ajar ditujukan untuk guru dan siswa dari berbagai latar belakang.

 6. Mulai menulis:
Dengan melibatkan guru yang lain, bisa diskusi, studi kasus, atau latihan praktis untuk mengaplikasikan konsep yang diajarkan.

7. Review dan Uji Coba:
Sebelum menerbitkan buku, mintalah umpan balik dari rekan guru atau ahli pendidikan. Uji coba buku di kelas atau dalam kelompok fokus untuk mengidentifikasi potensi perbaikan

8. Legalitas:
Uji Plagiasi, memiliki izin atau lisensi yang diperlukan untuk menggunakan materi sendiri. Ini termasuk gambar, ilustrasi, kutipan, dan lain-lain.

 9. Penerbitan:
Pilih opsi penerbitan ingin menerbitkan buku dalam bentuk cetak atau digital. di sini sdh ada beberapa penerbit spt OASE

10. Media Pendukung (Opsional):
Buku ajar modern juga dapat didukung oleh media online, seperti situs web pendukung, video pembelajaran, atau platform pembelajaran digital. Ini dapat meningkatkan daya tarik dan keterlibatan pengguna.

Buku ajar adalah capaian pembelajaran dr seorang guru.....maka buku ajar mjd prestasi tersendiri

Silakan kalau ada pertanyaan πŸ™ 
Tuliskan nama dan asal (domisili) penanya.

 P1
Iah Sutianah
Kab. Bandung. 
Bagaimana dengan modul ajar PAUD? Yang terlintas dalam pikiran saya adalah LK 'Lembar Kerja' atau bagaimana sebaiknya? Hatur Nuhun.

P1: modul ajar PAUD? Yang terlintas dalam pikiran saya adalah LK 'Lembar Kerja' atau bagaimana sebaiknya: kallau buku PAUD hindari LK lembar Kerja yg sdh di desain guru! hindari, krn PAUD hrs belajar bereksplor, jgn di beri template, ttp berikan kertas kosong untuk memunculkan imajinasi, perbanyak praktek langsung dengan alam atau langsung benda, bukan dihadapkan dg LK. JIKA membuat buku buat PAUD, buatlah buku story reading ssi dg aturan yg berlaku, bukan bukan KOMIK, ttp buku yg ssi dg tahap perkembangannya
Lanjut bapak/ibu, bila ada yang ingin ditanyakan seputar materi, silahkan japri. 
modul ajar untuk paud tdk ada, tetapi buku untuk menstimulai pra baca agar anak memahami bahasa reseptif dan menstimuliasi anak untuk mengungkapkan bahasa (ekspresif) bagi anak PAUD adalah denga buku cerita bergambar, anak di ceritakan bu guru dan anak melihat gambar atau simbol gambar
apa KEUNTUNGAN BUKU AJAR BAGI GURU/DOSEN?
 ֍ Promosi & Kenaikan Pangkat 
֍ Mendapatkan insentif 
֍ Finansial-Royalti
֍ Eksistensi diri
֍ Media Ekspresi
֍ Branding Personal dan Institusi 
֍ Penguatan Keilmuan; dll. Eksistensi diri 
֍ Media Ekspresi

Buku ajar penting bagi guru? karena Buku Ajar merupakan buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001)
apakah ada pertanyaan lagi yang ingin di sampaikan? silakan
tadi ada yg bertanya ttg buku modul, ini sy jelaskan apa beda buku ajar dg buku modul

P3
Iah Sutiah
Kab Bandung
-Pertanyaan lanjutan-
Mohon penjelasan tentang story reading, maksudnya bagaimana ya? Saya pernah membuat gambar berseri dan setiap lembarnya saya ceritakan kepasa murid atau saya minta murid dari gambar yang saya buat. Apa itu termasuk story reading? 

Kalau untuk PAUD, modul ajarnya untuk gurunya? misalnya bagaimana cara mendongeng, membuat media, dll
P3: story reading adalah buku bacaan untuk PAUD, BUKU BERCERITA, penulisannya tertentu, hrs 12 halaman dan 1 cover, kalo BUKU SERI beda lagi, jd buku yg di sarankan untuk PAUD boleh juga buku seri dg ketentuan ssi penulisan buku PAUD. kalau buku untuk guru bisa bebas spt buku populer lainnya

P4
Bismillah.
Saya Rosjida, peserta KBMN ingin bertanya :
1. Modul ajar untuk anak mulai belajar membaca dan berhitung sebaiknya saat anak pas kls 1 SD?
2. Bgmn susunan modul ajar yang baik dan tepat untuk homeschooling.
Makasih

P4: Buku ajar untuk anak mulai belajar membaca dan berhitung sebaiknya sejak usia 0 tahun hehehe.....sejatinya anak usia PAUD (0-6) tahun, jd sdh seharusnya diberikan buku bacaan, namun sesuai dg usia tahp perkembangannya
P4: susunan modul ajar yang baik dan tepat untuk homeschooling sejatinya sama dg proses penulisan buku modul lainnya, hanya disesuaikan dg tujuan dan kurikulum sendiri

P2
Indah Martini
Bandar Lampung
Izin bertanya. Syarat untuk membuat buku ajar minimal berapa sumber yang kita pakai?
Sebelum kita publish apakah ada uji kelayakan dari beberapa orang?

 P2. Syarat untuk membuat buku ajar minimal berapa sumber yang kita pakai? sebenarnya tidak ada batasan brp pendukung referensii yg dirujuk, namun sebagai patokan ilmiah krn buku ajar adalah buku ilmiah, sebagai aptokan minimal setiap bab nya ada 10 referensi jd dalam 1 buku jika ada 6 BAB bisa jd 60 kalo di kalikan, namun tdk demikian, buku yg di pakai bacaan di BAB 1 bisa juga di gunakan di BAB2 lainnya,
baik sy lanjutkan pematangan materi ttg buku homeschooling
usunan modul ajar untuk homeschooling: 1. Pengantar dan Tujuan, 2. Materi Pembelajaran, 3. Aktivitas dan Latihan, 4. Pembahasan dan Penjelasan Tambahan, 5. Evaluasi, 6. Rangkuman dan Refleksi, 7. Sumber Belajar Tambahan, 8. Proyek atau Karya Akhir, 9. Catatan atau Jurnal. 10. Kegiatan Interaktif, 11. Konsultasi dan Dukungan, 12. Peta Proses Belajar, 13. Kesimpulan:

Akhiri modul ajar dengan pesan ringkas yang menginspirasi dan mendorong siswa untuk terus belajar.
 susunan buku homeschooling bisa bebas sesuai dg rancangan kurikulum dari pemilik homeschooling
BUKU AJAR: Buku pegangan untuk suatu matakuliah yang ditulis dan disusun oleh pakar bidang terkait dan memenuhi kaidah pembelajaran (sesuai Rencana Pembelajaran) serta diterbitkan secara resmi dan disebarluaskan

BUKU MODUL: Buku dalam bentuk modul-modul terpisah sesuai dengan pokok bahasan, disusun berdasarkan rancangan pembelajaran, dan disebarluaskan kepada mahasiswa untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran
DIKTAT: Buku untuk suatu matakuliah yang ditulis dan disusun oleh pengajar matakuliah tersebut, mengikuti kaidah tulisan ilmiah dan disebarluaskan kepada peserta kuliah.

PETUNJUK PRAKTIKUM: Buku pedoman pelaksanaan praktikum yang berisi tata cara, persiapan, pelaksanaan, analisis data pelaporan, ditulis oleh dosen atau tim dosen yang menangani kegiatan praktikum dan ditulis dengan kaidah-kaidah tulisan ilmiah.

NASKAH TUTORIAL: Bahan rujukan untuk kegiatan tutorial suatu mata kuliah yang disusun/ditulis oleh pengajar mata kuliah atau tim pelaksana tutorial dan ditulis dengan kaidah tulisan ilmiah
Sedangkan BUKU HASIL PENELITIAN/PEMIKIRAN:

BUKU REFERENSI: Hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan dalam bentuk buku yang substansi, pembahasannya pada satu bidang ilmu, ditulis mengikuti kaidah ilmiah dan disebarluaskan secara resmi

MONOGRAF: Hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan dalam bentuk buku yang membahas hanya pada satu hal saja dalam suatu bidang ilmu
nah buku saya kmr yg menang itu masuk dalam buku hasil penelitian, yaitu buku referensi

BUKU AJAR VS BUKU TEKS
Buku Ajar pada umumnya: 
1. Ditulis dan dirancang untuk digunakan siswa/mhs.
2. Menjelaskan tujuan pembelajaran. 
3. Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel.
4. Strukturnya berdasarkan kompetensi yang akan dicapai.
Buku Teks pada umumnya:
1. Ditulis terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.
2. Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran. 
3. Disusun secara linier. 
4. Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu (content).
Buku Ajar pada umumnya: 
5. Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.
6. Selalu memberikan rangkuman. 
7. Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa
8. Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran.
Buku Teks pada umumnya:
5. Belum tentu memberikan latihan bagi mahasiswa.
6. Belum tentu ada rangkuman.
7. Materi buku teks sangat   
8. Dikemas untuk dijual secara umum.
 Buku Ajar pada umumnya: 
9. Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.
10.Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.
Buku Teks pada umumnya:
9.Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai. 
10.Tidak memberikan petunjuk cara mempelajarinya.
silakan jika ada pertanyaan
Semangat bapak/ibu guru. πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻

PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN MATERI BUKU AJAR
PRINSIP RELEVANSI: Materi pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta

PRINSIP KONSISTENSI/KEAJEGAN: Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa empat macam, maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat macam

PRINSIP KECUKUPAN: Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya

SISTEMATIKA BUKU AJAR
BAB 1 Pendahuluan
Penyajian
Penutup
Daftar Pustaka
Senarai (glossary)
sy kira materi ckp padat, saya akhiri dulu jika ada pertanyaan bisa menyusul
 membuat buku ajar memerlukan dedikasi, waktu, dan usaha, tetapi hasilnya dapat memberikan dampak positif pada pendidikan dan pengajaran.
Alhamdulillah, sampailah kita diakhir acara. Silahkan kepada Narasumber untuk memberikan closing statement.
ini menyadur tulisan orang, namun bisa sbg motivasi diri untuk tetap terus berbuat

A Wan Bong: 
Ketika para amatir dan penulis pemula menunggu mood untuk bisa menulis, para penulis profesional tetap menulis dalam kondisi apa pun suasana hati mereka. Mood atau tidak, profesional akan tetap menulis. Seorang penulis tidak mengandalkan apa yang ada di sekitarnya. Mereka senantiasa menulis, bahkan di saat krisis pun terjadi. Maka dari itu, menulis adalah cara terbaik untuk mengungkapkan setiap perasaannya terjadi.

Mike Murdock:
Kamu tidak akan pernah bisa mengubah hidupmu sampai berhasil mengubah sesuatu yang kamu lakukan setiap hari. Jangan menganggap remeh pada sesuatu yang dianggap kecil, karena suatu saat nanti akan berubah jadi nilai yang besar. Sama seperti yang kamu lakukan hari ini. Menulis pelan-pelan hingga terus belajar dan melakukannya setiap hari, sampai tak sadar dapat mengubah hidupmu menjadi lebih baik

Roger Von Oech:
Kebanyakan orang menganggap bahwa kesuksesan dan kegagalan sebagai dua hal yang berlawanan, tetapi tidakkah mereka tahu bahwa keduanya adalah produk dari sebuah proses yang sama. Semua keinginan butuh proses untuk mencapainya. Di dalam proses tersebut pun kamu pasti akan menemukan kegagalan dan keberhasilan. Kalau gagal, artinya kamu sedang berproses agar lebih banyak belajar lagi. Sedangkan kesuksesan pun sama merupakan proses kamu untuk bisa belajar cara mempertahankannya

Anonim
Perjalanan ribuan kilometer selalu dimulai dari satu langkah kecil.
mulailah dari langkah kecil kita,
okay selamat berbuat unt yg terbaik buat diri, selamat malam

wassalamualaikum wr wb
Barakallah untuk sharing ilmunya malam ini. Semoga Ibu Mudafiatun Isriyah beserta keluarga sehat selalu dan diberikan limpahan rahmat oleh Allah SWT. Aamiin. 🀲🏻

 Kita berikan applause yang meriah kembali untuk ibu Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd. πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

Bapak/ibu yang berbahagia, terimakasih atas partisipasinya hari ini.
Semoga kita semua dapat mengikuti jejak beliau dan bisa menginspirasi orang lain dengan tulisan kita.

Setelah chat grup dibuka, silakan bapak/ibu untuk share link resumenya, jangan lupa saling mengunjungi blog kemudian tinggalkan jejak komentarnya.
Saya Sigid Purwo Nugroho, mohon maaf jika ada kekurangan dan pamit untuk undur diri. Terimakasih atas perhatiannya. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

waalaikum salam wr wbπŸ™πŸ»mohon maaf jika ada kekurangan, semoga sehat selalu amaiinnnn

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENULIS ITU MUDAH

TEKNIK MENULIS UNTUK SITUS PORTAL BERITA MELINTAS.ID

RANGKUMAN KESIMPULAN PEMBELAJARAN KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1